PPDB dan Pengaruhnya pada Pasar Properti di Sekitar Sekolah

Share :
Facebook
Twitter
WhatsApp

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) merupakan momen penting dalam dunia pendidikan di Indonesia. Namun, dampaknya tidak hanya terbatas pada sektor pendidikan. PPDB juga memiliki pengaruh signifikan terhadap pasar properti, terutama di area sekitar sekolah-sekolah favorit. Artikel ini akan mengulas bagaimana PPDB mempengaruhi pasar properti dan apa saja faktor yang perlu diperhatikan oleh calon pembeli atau investor properti.

Baca – Artikel Terkait

PPDB

Dampak PPDB pada Pasar Properti

Setiap tahun, saat PPDB dimulai, ada peningkatan aktivitas di sekitar sekolah-sekolah yang memiliki reputasi baik. Orang tua yang ingin memastikan anak-anak mereka mendapatkan pendidikan terbaik cenderung mencari tempat tinggal dekat dengan sekolah favorit. Permintaan tinggi ini sering kali menyebabkan lonjakan harga properti di area tersebut.

  1. Kenaikan Harga Properti: Sekolah-sekolah favorit selalu menarik minat banyak calon siswa dan orang tua. Ketika permintaan tempat tinggal di dekat sekolah-sekolah tersebut meningkat, harga properti pun cenderung naik. Kenaikan ini sering kali lebih tinggi dibandingkan dengan area yang tidak memiliki sekolah favorit.
  2. Peluang Investasi: Meningkatnya harga properti di sekitar sekolah-sekolah favorit membuka peluang bagi investor. Properti yang dibeli dan disewakan di area ini dapat menghasilkan pendapatan sewa yang lebih tinggi. Selain itu, properti di dekat sekolah favorit cenderung memiliki nilai jual kembali yang baik.
  3. Pembangunan Fasilitas Pendukung: Peningkatan populasi di sekitar sekolah favorit juga mendorong pembangunan fasilitas pendukung seperti pusat perbelanjaan, restoran, dan area rekreasi. Hal ini membuat area sekitar sekolah menjadi lebih hidup dan menarik untuk tempat tinggal.

Faktor yang Perlu Diperhatikan

Bagi calon pembeli atau investor properti, ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan ketika mempertimbangkan properti di sekitar sekolah favorit:

  1. Aksesibilitas: Pastikan properti yang akan dibeli memiliki akses yang mudah ke sekolah. Akses jalan yang baik dan transportasi umum yang memadai menjadi nilai tambah.
  2. Fasilitas Sekitar: Periksa fasilitas pendukung di sekitar properti seperti pusat perbelanjaan, klinik kesehatan, dan area rekreasi. Fasilitas ini menambah kenyamanan dan nilai properti.
  3. Kondisi Lingkungan: Lingkungan yang aman dan nyaman sangat penting. Lakukan survei lingkungan sekitar untuk memastikan properti berada di area yang sesuai dengan kebutuhan keluarga atau calon penyewa.
  4. Potensi Kenaikan Harga: Analisis tren harga properti di area tersebut. Perhatikan pola kenaikan harga dalam beberapa tahun terakhir untuk mendapatkan gambaran tentang potensi investasi.

Kesimpulan

PPDB bukan hanya momen penting bagi dunia pendidikan, tetapi juga memiliki dampak signifikan pada pasar properti. Kenaikan harga properti, peluang investasi, dan pembangunan fasilitas pendukung menjadi beberapa dampak positif yang muncul. Bagi calon pembeli atau investor, memperhatikan faktor aksesibilitas, fasilitas sekitar, kondisi lingkungan, dan potensi kenaikan harga adalah langkah penting dalam memanfaatkan peluang ini. Dengan persiapan yang matang, investasi properti di sekitar sekolah favorit dapat menjadi langkah yang menguntungkan.

Yuk miliki lokasi strategis dekat pusat pendidikan di Tamantirto Premiere, Royal Orchid Villa

Compare listings

Compare