page title icon Miliki Perumahan Syariah! Ini Pembahasan Lengkapnya

perumahan syariah

Jangan Ragu Memiliki Perumahan Syariah! — Rumah atau tempat tinggal merupakan kebutuhan dasar yang wajib dimiliki oleh setiap orang. Tidak menutup kemungkinan, muda hingga tua kini ingin memiliki hunian nyaman milik pribadi. Salah satu hunian yang menjadi pilihan adalah perumahan syariah.

Sedang laku di pasaran, perumahan syariah banyak memberikan kesempatan pada calon pemilik rumah tanpa membebankan biaya yang makin lama tambah membengkak. Di samping biaya, perumahan syariah juga banyak menyajikan penawaran menarik lainnya.

Diartikel ini kami akan bahas lengkap tentang perumahan syariah mulai dari pengertian, kenapa harus memilihnya daripada sistem konvensional, tips memilih, hingga pilihan property syariah yang kami rekomendasikan.

Apa itu Perumahan Syariah?

Sebelum jauh membahas seluk beluk tentang perumahan syariah, ada baiknya kita membahas pengertian perumahan syariah.

Perumahan syariah merupakan jenis property yang memakai sistem syariah Islam dalam transaksinya. Sistem kepemilikan yang diterapkan sesuai tuntunan agama Islam.

Artinya dalam proses pembelian rumah syariah, developer property syariah menerapkan mekanisme, tanpa bank, tanpa riba, tanpa asuransi, tanpa denda, tanpa sita, dan tanpa akad yang bermasalah.

Perumahan syariah menjadi salah satu terobosan berharga dan alternatif pilihan tepat bagi Anda yang menginginkan rumah atau property lain, namun tanpa ada riba di dalamnya.

BACA JUGA: 5 Tips Investasi untuk Pemula, Bisa Langsung Praktik

Kemunculannya juga menjadi jawaban tepat bagi Muslim yang ingin memiliki rumah impian, tanpa bersinggungan dengan riba.

perumahan syariah property syariah

8 Alasan Kenapa Harus Memilih Perumahan Syariah

Sebagian orang mungkin akan bertanya kenapa harus memilih perumahan syariah? Jawabannya sederhana, yakni ingin memiliki atau berbisnis dengan tenang dan nyaman. Tidak melulu tentang kenyamanan bertransaksi, hasil jual beli juga akan lebih diterima. Mengapa demikian? Mari bahas satu persatu.

Transaksi Sesuai Ketentuan Islam

Bagi para pemeluk agama Islam berkegiatan sesuai dengan syariat atau ketentuan agama merupakan sebuah keharusan. Tidak terkecuali dalam proses transaksi jual beli properti rumah.

Dalam pembelian unit perumahan syariah, maka Anda otomatis tengah menjalankan perintah jual beli sesuai dengan ketentuan agama Islam. Tidak ada yang lebih menenangkan selain berkegiatan berbasis anjuran dalam agama.

Tanpa Biaya Tambahan

Kapan lagi memiliki unit rumah pilihan tanpa harus terbebani biaya tambahan. Anda bisa memiliki unit rumah tanpa harus memikirkan berapa besar biaya tambahan yang harus dikeluarkan. Terlebih bagaimana cara mendapatkan biaya tambahan yang mesti dibayarkan.

Hindari kekhawatiran tersebut dengan segera beralih ke proses pembelian unit rumah syariah. Ketenangan jual beli unit tanpa memikirkan biaya tambahan bisa Anda nikmati. Keringanan ini juga yang jadi daya tarik transaksi berbasis syariah.

Transaksi Nyaman hingga Kepemilikan Didapatkan

Transaksi nyaman merupakan hak bagi para pembeli. Ini bisa didapatkan dalam proses transaksi jual beli properti di perumahan berbasis syariah. Kenapa demikian? Alasannya karena tidak ada proses yang memberatkan kedua belah pihak.

Anda juga bisa mengajukan kredit dalam pembelian unit rumah. Jangan takut dibebankan biaya tambahan, kesepakatan bisa dibuat dari awal transaksi. Sehingga transaksi akan terasa nyaman hingga akhirnya kepemilikan unit berpindah ke tangan Anda.

Perumahan Syariah Tanpa Bank

Bisa mengajukan kredit bukan berarti Anda harus melakukan proses pendaftaran hingga pembayaran melalui badan kredit, seperti bank misalnya. Pembayaran bisa langsung disetorkan ke pihak pemegang perumahan syariah.

Proses transaksi dalam perumahan syariah ini tidak melibatkan perantara apa pun. Jadi transaksinya murni antara penjual dan pembeli. Selain lebih terarah jelas penyaluran uangnya, proses tanpa perantara ini ampuh meminimalisir konflik antar pihak transaksi.

Lebih penting dari itu, menjauhkan kedua belah pihak dari bahaya dan dosa riba yang mengerikan.

BACA JUGA: 12+ Dosa Riba dalam Islam, Bahayanya, dan Cara Menghindarinya

Perumahan Syariah Tanpa Sita

Sering mendengar penyitaan terhadap property? Ini tidak akan berlaku bila Anda terlibat dalam transaksi berbasis syariah. Proses pembelian unit terbebaskan dari proses penyitaan bila Anda tidak bisa membayar tepat waktu.

Lebih tepatnya kontrak yang dibuat salah satunya bisa membahas tentang prosedur pembayaran hingga keringanan bila belum bisa mencapai target. Keringanan ini bisa langsung Anda rasakan begitu pertama kali transaksi dilakukan.

Bebas Biaya Denda

Perumahan syariah banyak memberikan keringanan seperti bebas biaya tambahan hingga bebas biaya denda. Denda yang sering kali jadi batu besar dalam transaksi kini ditiadakan dalam transaksi berbasis syariah.

Sehingga Anda tidak akan dibebankan oleh biaya denda yang biasanya dikenakan oleh pihak developer unit rumah. Bayangkan bagaimana ringannya proses transaksi tanpa harus takut terkena biaya denda yang berarti.

Transaksi Tanpa Melihat Latar Pekerjaan

Sering kali transaksi pembelian properti harus didasarkan oleh latar belakang pekerjaan calon pembeli. Alasannya agar pembeli sesuai dengan kriteria pembayaran dan tidak bisa lari dari ketentuan.

Berbeda dengan transaksi perumahan syariah yang tidak melihat latar belakang pembeli. Siapa pun dan dari kalangan manapun bisa melakukan transaksi pembelian, baik secara langsung maupun melalui pembayaran bertahap.

Menumbuhkan Transaksi yang Sehat

Transaksi sering kali jadi lahan penipuan dengan penawaran yang menggiurkan. Namun berbeda dengan transaksi di perumahan syariah yang justru keterlibatan Anda di dalamnya akan menumbuhkan transaksi yang sehat.

Berbekal tata cara jual beli halal yang dicontohkan langsung oleh Nabi Muhammad shollallohu ‘alaihi wa sallam Anda tidak perku khawatir akan segala konsekuensi yang akan memberatkan. Transaksi yang sehat bisa Anda rasakan dalam pembelian unit perumahan berbasis syariah.

Sampai ditulisan ini bagaimana pendapat Anda? Tentu Anda akan mulai berpikir dan memutuskan untuk lebih memilih perumahan syariah daripada konvesional.

Apalagi bagi Anda yang Muslim, tentu akan lebih menyukai yang berbasis syariah. Selain akan terbebas dari jeratan dosa riba, juga memberikan ketenangan dan kenyamanan dalam proses kepemilikannya.

tips memilih perumahan syariah

6 Tips Memilih Perumahan Syariah

Informasi ini bermanfaat bagi Anda yang ingin membeli unit di perumahan syariah. Sama seperti pemilihan unit rumah di perumahan umum ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum memutuskan untuk membeli.

Berikut kami sajikan tips memilih perumahan syariah.

BACA JUGA: Mau Memiliki Property Syariah yang aman? Baca 7 Tips Penting ini!

Periksa Lingkungan Sekitar

Kenyamanan lingkungan sekitar jadi hal yang patut diperhatikan. Tips pertama yaitu periksa apakah lingkungan sekitar perumahan mendukung untuk kenyamanan Anda tinggal. Mulai dari jarak perumahan dengan akses jalan utama atau akses ke tempat penting lainnya.

Tidak lepas dari faktor kenyamanan, kebisingan juga bisa jadi salah satu bahan pertimbangan untuk Anda dalam memilih hunian syariah. Maka tidak ada salahnya Anda bertanya kepada warga setempat akan keadaan lingkungan sekitar perumahan.

Periksa Sistem Syariah

Tips selanjutnya yakni periksa sistem syariah. Jangan sampai Anda terkena tipu dengan perumahan berkedok syariah. Karena masih banyak kemungkinan terjadinya penipuan mengatasnamakan sistem syariah yang dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

Periksa Unit Properti dan lakukan survei

Periksa juga unit properti yang akan dibeli. Tidak jarang unit properti yang ditawarkan masih dalam proses pembangunan. Maka Anda harus teliti dalam memilih unit rumah yang akan dibeli nantinya.

Bila unit yang akan dibeli sudah siap pakai tidak ada salahnya bagi Anda untuk memeriksa rumah dengan cara memasukinya. Periksa apakah bangunan sudah layak untuk dihuni. Bila belum Anda bisa mengajukan pertanyaan atau pindah ke unit lain.

Jangan membeli rumah ke perusahaan yang hanya memiliki nama tapi tidak memiliki kantor. Oleh karenanya, lakukan survei ke kantor dan lokasi proyek langsung.

Bertanyalah banyak hal ke developer tentang unit di sebuah proyek yang ingin Anda miliki. Mulai dari siteplan-nya, ketersediaan unit, seberapa strategis lokasinya, hingga property yang sudah dibangun.

Periksa Kesepakatan Jual Beli Unit

Sebelum mengiyakan proses pembelian Anda bisa periksa terlebih dulu apa saja isi kesepakatan dalam transaksi. Terlebih bila Anda membeli rumah dengan pembayaran bertahap.

Periksa kesepakatan apakah ada yang membuat Anda kebingungan atau sekiranya memberatkan Anda. Bila ada, Anda bisa mengajukan banding atau mengajukan keringanan terhadap kesepakatan yang akan menjadi hak dan kewajiban.

Siapkan Budget yang Cukup

Di mana peninjauan lingkungan perumahan hingga peninjauan properti tidak akan berarti bila uang belum tersedia. Sediakan budget pembelian unit syariah sesuai dengan patokan harga yang berlaku.

Akan lebih baik lagi bila Anda menyediakan budget cadangan untuk berjaga-jaga, seperti pembelian properti tambahan atau biaya perombakan unit. Yang terpenting adalah sesuaikan budget Anda dengan unit yang akan dibeli.

Cek legalitasnya

Cek kelengkapan izin-izin yang dimiliki oleh developer. Apakah mereka sudah melengkapi legalitas yang ada atau belum. Belilah property di pengembang di perizinan yang lengkap.

Royal Orchid Syariah selaku developer property syariah yang berkomitmen menghadirkan solusi perumahan syariah yang aman dan terpercaya. Memberikan alternatif pilihan bagi Anda yang ingin memiliki atau berinvestasi di perumahan syariah.

Property yang digarapnya memiliki izin lengkap dan aman. Sehingga Anda tidak perlu ragu lagi membeli properti di kami.

Berikut kami informasikan perumahan syariah yang kami jual dibeberapa lokasi.

perumahan syariah bandung

Perumahan Syariah Bandung

Bagi Anda yang menginginkan rumah syariah di Kota Bandung di lokasi yang strategis, baik sebagai tempat tinggal atau mungkin investasi, The Billabong Soeta pilihan tepat.

Perumahan elit yang berada di kawasan strategis, terletak di jalan bypass Soekarno-Hatta ini menawarkan desain modern etnik bertemakan Bali.

rumah syariah bandung billabong soeta 6
Tipe rumah di Billabong Soeta

Tiga pintu tol menuju Jakarta atau daerah lainnya mudah untuk Anda akses: pintu Tol Buah Batu, pintu Tol Moh Toha, dan rencana pembukaan gerbang Tol Gedebage.

Terdapat tiga tipe rumah yang ditawarkan: tipe 83/91, 90/126, dan 150/246.

Harga mulai 1,1 M. Sistem kepemilikan 100% syariah. Cara bayarnya bisa dengan cash keras, DP 0% angsuran 36 bulan, DP 0% angsuran 60 bulan, dan DP 20% angsuran 96 bulan.

Anda tertarik untuk memilikinya?

perumahan syariah cimahi

Perumahan Syariah Cimahi

Jika Anda menginginkan rumah syariah di lokasi yang strategis untuk ke Kota Bandung, Kabupaten Bandung, dan Kabupaten Bandung Barat dekat, maka carilah hunian di sekitar Cimahi, Royal Orchid Villa.

Perumahan mewah berkonsep villa berlokasi di Cipageran, Cimahi, yang telah terjual banyak unit. Bahkan beberapa di antaranya sudah ditempati.

Terdapat tiga tipe villa: 38/120, 65/120, dan 83/120. Sistem kepemilikan 100% syariah.

Kami memberikan kemudahan dalam pembayarannya yakni cash keras, DP 0% angsuran 36 bulan, DP 0% angsuran 60 bulan, dan DP 20% angsuran 96 bulan.

Selengkapnya tentang Royal Orchid Villa, baca di sini!

perumahan syariah ciwidey

Perumahan Syariah Ciwidey

Ciwidey terkenal dengan kawasan wisatanya yang beragam dan terkenal, di antaranya ada: Kawah Putih, Situ Patenggang, Perkebunan Teh Rancabali, Pemandian Air Panas Ciwalini, Kampung Cai Ranca Upas, hingga Kawah Rengganis.

Selain wisatanya yang beragam, alam indah, dan udaranya yang sejuk membuat daerah ini menjadi salah satu destinasi favorit para wisatawan yang ke Bandung.

perumahan syariah ciwidey royal orchid village 2
perumahan syariah ciwidey royal orchid village 2

Perumahan mewah Royal Orchid Village Ciwidey. Perumahan di lokasi strategis dengan pemandangan indah, terverifikasi Asosiasi DPS (Developer Property Syariah). Memiliki tiga tipe rumah yaitu: 30/72, 38/78, dan 45/84.

Pembayarannya ada beberapa cara: cash keras, cicilan 36 bulan dan 60 bulan, 100 bulan dan DP 20% cicilan 120 bulan.

Tertarik untuk memilikinya?

Perumahan Syariah Jakarta

rumah Syariah Jakarta Roemah Palem

Jika Anda ingin memiliki rumah syariah di Jakarta. Kami juga ada Roemah Palem, di Cilangkap, Cipayung, Jakarta Timur.

rumah syariah Jakarta Roemah Palem
Progres di lapangan
Perumahan Syariah Jakarta Roemah Palem

Rumah mewah dengan desain modern hadir di lokasi yang strategis, dekat dengan ragam fasilitas, 100% syariah.

Harga mulai 1,1 M. Pembayaran bisa cash keras, angsuran 24 bulan, dan 36 bulan.

Informasi lebih lanjut klik tombol di bawah!

Perumahan syariah menjadi pintu utama bagi Anda yang ingin melakukan transaksi jual beli unit properti dengan sitem 100% syariah: tanpa denda, sita, riba, bank, asuransi, BI Checking, dan tanpa akad bermasalah.

Tidak perlu ragu lagi membeli unit perumahan syariah. Lakukan tips di atas untuk memiliki unit rumah impian lewat proses syariah. Peran aktif Anda diperlukan dalam pemilihan serta pembuatan surat kesepahaman. Ada baiknya setiap transaksi Anda lakukan secara mandiri.

Tinggalkan komentar

Chat sekarang!
Assalamualaikum
Ada yang bisa kami bantu?

Klik untuk langsung berbincang dengan marketing kami!