Pengumuman Property Marketplace 5.0 : Virtual Immersive Viruma

Share :
Facebook
Twitter
WhatsApp

Perkembangan teknologi yang cepat mempengaruhi semua sektor, terjadi pengumuman teknologi baru pada bisnis properti. Para pelaku bisnis properti kini harus lebih memahami kebutuhan konsumen yang menginginkan akses cepat dan mudah terhadap informasi mengenai proyek properti yang mereka minati. Salah satu caranya adalah dengan memanfaatkan teknologi digital untuk pemasaran properti. Meskipun brosur yang berisi gambar dan denah rumah masih digunakan, mereka kini lebih berperan sebagai pendukung pemasaran.

Brosur juga dapat dibuat lebih menarik dengan gambar rendering dan video animasi yang lebih hidup. Namun, konsumen masih harus mengunjungi lokasi secara langsung untuk melihat properti, yang memakan waktu dan biaya. Untuk mengatasi tantangan ini, pelaku industri kini menyediakan portal properti sebagai media bagi konsumen untuk mengeksplorasi proyek pilihan sebelum mengunjungi lokasi. Salah satu strategi pemasaran ini diterapkan oleh penyedia platform virtual-as-a-service, Viruma, yang menawarkan teknologi virtual immersive digital.

Pengumuman

Pendapat Founder Viruma Indonesia

Founder Viruma Indonesia Paulus Timothy menilai bahwa digitalisasi dalam dunia pemasaran tidak hanya berkembang secara teknologi, tetapi juga dari aspek inovasi. “Inovasi pun dilakukan Viruma lewat teknologi virtual immersive pertama di Indonesia, Viruma Micro Gallery (VMG),” ujar Paulus lewat keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Senin (8/7/2024). “Teknologi menjadi hal yang tidak bisa dihindari dan penerapannya akan mengubah peta persaingan pemasaran properti di Tanah Air,” imbuh Paulus.

Teknologi tersebut memungkinkan konsumen untuk berinteraksi seolah-olah mereka berada di proyek impian mereka. Konsumen dapat menyesuaikan interior sesuai keinginan mereka dan merasakan suasana pagi, siang, atau malam hari di properti tersebut. Perlu diketahui, VMG generasi 1.0 diluncurkan pada tahun 2023 dan telah ditingkatkan menjadi VMG 2.0 yang lebih ramah pengguna. “VMG pun menjelma menjadi pengganti maket proyek bagi para pengembang karena dilengkapi dengan fitur-fitur canggih yang tidak dapat dilakukan oleh maket fisik konvensional,” ujar Paulus.

Dampak Penerapan pada Sektor Properti

Penggunaan VMG juga meningkatkan efektivitas dan efisiensi biaya, termasuk meningkatkan citra merek berkat penggunaan teknologi terkini. Lebih lanjut, Paulus menyatakan bahwa VMG merupakan pelopor dalam memasuki era Property Marketplace 5.0, yang akan mengubah perilaku pasar. Meskipun teknologi ini canggih dan memiliki banyak keunggulan, Paulus mengungkapkan bahwa implementasi teknologi digital oleh Viruma tidak memakan biaya besar. Bahkan, teknologi ini justru membantu klien meningkatkan penjualan secara signifikan. Paulus menyebutkan bahwa beberapa pengembang yang menjadi klien Viruma saat ini telah mengalami peningkatan penjualan dengan tingkat konversi tinggi dari konsumen yang datang dan berinteraksi langsung dengan VMG.

Kesimpulan Pengumuman Property Marketplace 5.0 : Virtual Immersive Viruma Indonesia

Kesimpulannya, perkembangan teknologi yang pesat mempengaruhi bisnis properti, dengan pengumuman baru ini, menuntut para pelaku untuk memahami kebutuhan konsumen yang menginginkan akses cepat dan mudah terhadap informasi properti. Digitalisasi dalam pemasaran properti, termasuk penggunaan teknologi seperti gambar rendering dan video animasi, telah menjadi semakin penting. Untuk mengatasi keterbatasan brosur fisik dan kebutuhan kunjungan langsung, portal properti dan teknologi virtual immersive seperti Viruma Micro Gallery (VMG) menjadi solusi efektif.

VMG memungkinkan konsumen untuk berinteraksi dengan properti secara virtual, menyesuaikan interior, dan merasakan suasana berbeda. Teknologi ini, yang telah berkembang dari VMG 1.0 ke VMG 2.0 yang lebih ramah pengguna. Sehingga menggantikan maket fisik dengan fitur-fitur canggih. Penggunaan VMG meningkatkan efisiensi biaya, citra merek, dan penjualan. Hal ini berperan sebagai pelopor era Property Marketplace 5.0, yang diprediksi akan mengubah perilaku pasar properti. Implementasi teknologi ini oleh Viruma tidak mahal dan telah terbukti membantu klien meningkatkan penjualan dengan tingkat konversi yang tinggi.

Tentunya Royal Orchid Syariah juga sedang mengembangkan teknologi yang ada. Yaitu untuk ikut mengusung kemajuan bidang properti di Indonesia dengan skema properti syariah-nya. Skema yang dapat memudahkan para pembeli. Kunjungi Royal Orchid Villa Cimahi untuk hunian islami yang sejuk, strategis dan nyaman. Lalu kunjungi juga Tamantirto Premiere untuk daerah Yogyakarta dengan fasilitas private pool.

Compare listings

Compare