page title icon 13 Keuntungan Investasi Property Syariah yang Menggiurkan

investasi property syariah royal orchid syariah

Investasi Property Syariah — Belakangan ini, bisnis property syariah terus menunjukkan eksistensinya. Banyak orang membuktikan bahwa investasi property yang sesuai dengan hukum syariah lebih populer daripada investasi properti biasa.

Jika dulu sistem syariah hanya digunakan oleh bank, sekarang sudah mulai digunakan dalam bisnis property. Bisnis real estate memang memiliki keunggulan yang sangat menarik, yang membuat siapapun ingin memasuki industri property syariah ini.

Ini Dia Keuntungan Investasi Property Syariah

Jika Anda masih bingung mengenai keuntungan apa saja yang bisa didapat dari investasi property syariah, tidak usah khawatir.

Kami akan membahasnya di bawah ini:

Minim Resiko

Investasi properti memiliki resiko lebih rendah dibandingkan investasi saham, karena pergerakan nilai jualnya tidak secepat saham.

Model ini sangat cocok untuk investor yang tidak ingin mengambil terlalu banyak risiko.

Punya Nilai Plus

Seperti kita ketahui bersama, investasi property syariah memiliki nilai tambah yang lebih tinggi, karena nilainya berasal dari nilai properti.

Keuntungan akan terus datang berlipat ganda seiring dengan dibangunnya properti baru di kawasan strategis yang dimanfaatkan untuk bisnis atau lainnya.

Keuntungan Meningkat

Asiknya, berbisnis di property itu. Nilainya akan meningkat setiap tahun, seperti sistem sewa atau kontrak property. Kenaikan harga tahunan bisa melebihi ekspektasi.

Tidak hanya itu, investasi properti syariah juga menjadi aset saat Anda memasuki masa pensiun. Ini adalah alokasi yang sangat tepat.

Seperti memiliki rumah di lokasi yang tepat bisa disewakan untuk tempat tinggal ataupun bisnis. Sehingga aset ini bisa menjadi salah satu sumber passive income Anda. Menarikkan?

Adanya Aset Fisik

Property syariah adalah jenis investasi yang memiliki bentuk yang berbeda dengan deposito. Deposito bentuknya tak terlihat, sedangkan properti nampak fisiknya.

Sehingga investasi jenis ini, salah satu favorit yang dipilih masyarakat. Harganya naik, dan fisiknya bisa dilihat.

Investasi Jangka Panjang

Properti syariah termasuk jenis investasi yang memiliki nilai jangka panjang. Dibandingkan dengan investasi di deposito atau emas. Ini adalah peluang bagi Anda untuk mengalokasikan dana. Selain itu, sifat properti bisa bertahan lama tanpa mengurangi harga.

Harga jual beli juga tergolong sangat menguntungkan, sehingga untuk jangka waktu yang lama pun tidak perlu khawatir dengan keuntungan yang lebih tinggi.

Mendatangkan Pendapatan Pasti

Jika Anda seorang investor dengan pendapatan stabil, Anda dapat memanfaatkan real estate, misalnya investor dapat menyewakan real estatenya dengan harga sewa yang sesuai dengan kebutuhan. Sewa properti akan digunakan untuk mendapatkan pendapatan tetap bagi investor.

Selain itu, harga sewa akan meningkat dari tahun ke tahun, sehingga pendapatan tetap Anda juga akan meningkat. Ini sama dengan sewa kamar kost.

Investasi real estate dapat digunakan sebagai pendapatan pasif.

Mengikuti Syariat Islam

Disebut investasi real estate Islam karena sistem yang digunakan berdasarkan hukum Islam (Alquran dan hadits).

Oleh karena itu, seluruh proses investasi real estate ini berdasarkan hukum syariah. Cocok untuk komunitas Muslim, yang selalu ingin menjalankan segala sesuatu berdasarkan hukum syariah.

Sebagai muslim tentunya kita harus melakukan segala sesuatu sesuai dengan ajaran Islam, tidak hanya sekedar beribadah, amalan atau sikap kita sehari-hari. Kita harus menerapkan hukum syariah sepenuhnya, termasuk dalam pembelian rumah.

Investasi Lebih Terjamin

Sejumlah besar uang harus dikeluarkan untuk membeli atau berinvestasi di sebuah tanah, rumah atau sejenisnya. Jika Anda memilih developer property syariah dengan tidak tepat, maka bisa jadi Anda menjadi korban penipuan pengembang palsu.

Masih dijumpai oknum developer palsu mengatasnamakan syariah berkeliaran di luar sana.

Oleh karena itu, mau tidak mau Anda harus ekstra hati-hati saat memilih developer agar bisa bertransaksi dengan aman.

Keunggulan property syariah adalah Anda bisa bertransaksi dengan lebih aman, bebas riba, tanpa perlu khawatir akan penipuan.

Investasi Tanpa Riba

Sebagai seorang Muslim, tentunya kita harus menghindari riba. Riba pinjaman tidak hanya melanggar hukum syariah, tetapi juga merugikan baik pembeli maupun penjual di dunia dan akhirat.

Sehingga kita harus memilih developer syariah.

Selain merugikan, dengan menggunakan sistem riba dalam bertransaksi, hal tersebut tidak akan membawa keberkahan dalam hidup.

BACA JUGA: 12+ Dosa Riba dalam Islam, Bahayanya, dan Cara Menghindarinya

Investasi Tanpa Sita

Anda pasti pernah mendengar bahwa beberapa rumah harus disita. Penyitaan rumah biasanya karena keterlambatan atau kegagalan membayar cicilan. Ini karena developer biasanya menerapkan sistem penyitaan karena pelanggan tidak bisa menyelesaikan pembayaran sesuai kesepakatan.

Solusi terbaik untuk menghindari sistem penyitaan ini adalah dengan memilih developer yang Islami. Dengan cara ini, Anda akan menerima manfaat dari properti Islami yang tidak bisa Anda dapatkan saat membeli rumah dari pengembang tradisional.

Dalam properti syariah, pengembang tentu saja tidak bisa menyita properti yang ditempati, karena tidak sesuai dengan ajaran Islam.

Investasi Tanpa Denda

Saat berinvestasi atau membeli rumah dengan mencicil, jika kita membayar dalam tenggang waktu yang sesuai, biasanya Anda akan didenda. Untuk setiap pengembang, denda yang harus dibayarkan juga berbeda.

Semakin lama kita menunda pembayaran, semakin besar pula denda yang biasanya harus dibayarkan, begitu pula sebaliknya. Dengan denda ini, menambah pengeluaran kita sudah cukup untuk segera mendapatkan rumah idaman kita.

Selain beban yang berat, penerapan sistem denda tersebut tidak sesuai dengan hukum syariah, sehingga harus dihindari pengembang yang menerapkan sistem tersebut.

Oleh karena itu, solusi yang tepat untuk memperoleh investasi perumahan tanpa merusak hukum syariah yang ada adalah dengan memilih developer property syariah yang tepat.

Bisa Dikendalikan Sendiri

Alasan memilih investasi real estate adalah karena dapat dengan mudah Anda  kontrol. Kendalikan diri Anda sepenuhnya dan Anda akan merasa puas dan diuntungkan. Tidak hanya itu, Anda juga akan lebih mudah meningkatkan keterampilan dalam bernegosiasi dan kegiatan investasi lainnya.

Tentu saja, Anda tidak dapat menemukannya di jenis investasi lain (seperti saham). Ini karena investasi saham dikendalikan oleh pialang dan perusahaan manajemen daripada pemegang saham.

Keuntungan Ganda

Dengan berinvestasi di real estate syariah, Anda bisa mendapatkan berbagai macam keuntungan yaitu penghasilan aktif dan pasif. Ketika Anda menjual properti, Anda bisa mendapatkan pendapatan aktif, sementara menyewakan properti menghasilkan pendapatan pasif.

Saat Anda memutuskan untuk menjual properti apapun, Anda akan mendapatkan keuntungan dari harganya. Pasalnya, harga rumah dan properti tanah bisa terus naik setiap tahun.

Hal yang sama berlaku untuk properti sewaan. Setiap tahun, harga sewa real estate bisa naik hingga 10%. Prospek investasi tersebut memang menggembirakan.

Bagaimana? Apakah Anda sudah tertarik untuk mulai investasi property syariah?

Jika Anda seorang muslim tentu tidak ada salahnya mencoba bidang ini, karena selain berbisnis dan mendapat keuntungan, Anda juga akan mendapat berkah karena menjalankan bisnis sesuai syariat agama Islam.

Tinggalkan komentar

Chat sekarang!
Assalamualaikum
Ada yang bisa kami bantu?

Klik untuk langsung berbincang dengan marketing kami!