Hari Tasyrik 2024: Apa Sih Larangan dan Amalan yang Dianjurkan?

Share :
Facebook
Twitter
WhatsApp

Hari Tasyrik merupakan tiga hari setelah Idul Adha, yaitu tanggal 11, 12, dan 13 Dzulhijjah dalam kalender Islam. Pada tahun 2024, hari tersebut jatuh pada tanggal 20, 21, dan 22 Juni. Hari-hari ini memiliki keutamaan dan ketentuan khusus dalam agama Islam yang penting untuk diketahui dan dipahami oleh setiap Muslim.

Hari Tasyrik

Baca – Artikel Terkait

Larangan pada Hari Tasyrik

  1. Berpuasa: Pada hari tersebut, umat Islam dilarang untuk berpuasa. Rasulullah SAW bersabda, “Hari-hari Tasyrik adalah hari makan, minum, dan berzikir kepada Allah.” (HR. Muslim). Larangan ini dimaksudkan agar umat Islam bisa menikmati hasil kurban dan bersyukur atas nikmat yang diberikan Allah SWT.
  2. Meninggalkan Salat: Seperti hari-hari lainnya, meninggalkan salat lima waktu adalah larangan yang harus dihindari. Salat adalah tiang agama dan kewajiban yang tidak boleh ditinggalkan dalam keadaan apapun.

Amalan yang Dianjurkan pada Hari Tasyrik

  1. Bertakbir: Salah satu amalan yang sangat dianjurkan adalah memperbanyak takbir. Takbir yang dianjurkan adalah Takbir Mursal, yaitu takbir yang dilakukan setelah salat lima waktu, dimulai dari setelah salat Subuh pada hari Arafah hingga setelah salat Ashar pada hari terakhir Tasyrik.
  2. Memperbanyak Zikir dan Doa: Mengingat Allah melalui zikir dan doa sangat dianjurkan. Ini adalah waktu yang sangat baik untuk berdoa dan memohon ampunan serta keberkahan dari Allah SWT. Zikir dapat dilakukan kapan saja, baik secara individu maupun berjamaah.
  3. Menyembelih Kurban: Jika belum melaksanakan kurban pada hari Idul Adha, penyembelihan masih bisa dilakukan pada hari Tasyrik. Penyembelihan hewan kurban pada hari-hari ini tetap mendapatkan pahala yang besar dan merupakan bagian dari ibadah yang sangat dianjurkan.
  4. Makan dan Minum dengan Bersyukur: Hari tersebut merupakan waktu untuk menikmati makanan dan minuman yang Allah berikan. Rasulullah SAW mengajarkan untuk bersyukur atas nikmat yang diberikan dengan memperbanyak makan dan minum bersama keluarga dan tetangga.

Lihat Project Kami – Mutiara Serpong, Tamantirto Premiere, Royal Orchid Villa

Kesimpulan

Hari Tasyrik adalah hari-hari istimewa dalam Islam yang memiliki aturan dan anjuran khusus. Menghindari berpuasa dan meninggalkan salat adalah hal yang harus diperhatikan, sementara memperbanyak takbir, zikir, doa, dan menikmati hasil kurban adalah amalan yang sangat dianjurkan. Dengan memahami dan mengamalkan ketentuan-ketentuan ini, umat Islam dapat meraih keberkahan dan pahala yang besar pada hari tersebut. Pastikan untuk memanfaatkan hari-hari ini dengan sebaik-baiknya dan menjalankan segala anjuran yang telah diajarkan oleh Rasulullah SAW.

Compare listings

Compare