BUMN Bandung: 11 PT BUMN di Bandung Mendorong Ekonomi

Share :
Facebook
Twitter
WhatsApp

BUMN Bandung – Kota Bandung, kota kreatif dan inovatif yang menjadi pusat industri, pendidikan, dan pariwisata di Jawa Barat, telah menjadi rumah bagi berbagai perusahaan BUMN yang turut serta dalam memperkuat perekonomian daerah. Berikut adalah 11 PT BUMN di Bandung beserta peran dan kontribusinya

Lihat – Artikel Terkait

11 PT BUMN Bandung

BUMN Bandung

1. PT. Bio Farma

Sebagai produsen vaksin terbesar di Indonesia, Bio Farma berperan penting dalam menyediakan vaksinasi massal untuk menjaga kesehatan masyarakat. Selain itu, mereka juga melakukan penelitian dan pengembangan untuk memperluas jangkauan produk-produk farmasi.

2. PT. Dirgantara Indonesia (PTDI)

Sebagai produsen pesawat terbang, PTDI merupakan pusat pengembangan industri kedirgantaraan nasional. Mereka tidak hanya memproduksi pesawat dan komponen pesawat, tetapi juga melakukan perbaikan, pemeliharaan, dan pelatihan dalam industri kedirgantaraan.

3. BUMN Bandung PT. Indah Karya

Sebagai perusahaan konstruksi terkemuka di Indonesia, Indah Karya telah banyak berkontribusi dalam pembangunan infrastruktur di Bandung dan sekitarnya. Mereka terlibat dalam proyek-proyek besar seperti pembangunan jalan, jembatan, gedung-gedung publik, dan fasilitas lainnya.

4. PT. Kereta Api Indonesia (Persero)

Sebagai operator kereta api nasional, PT. KAI mengelola layanan kereta api penumpang dan barang di wilayah Bandung. Mereka berperan dalam menghubungkan Bandung dengan kota-kota lain di Indonesia dan mendukung mobilitas masyarakat serta distribusi barang.

5. BUMN Bandung PT. Pos Indonesia (Persero)

Sebagai operator layanan pos nasional, PT. Pos Indonesia menyediakan berbagai layanan pengiriman surat, paket, dan logistik di wilayah Bandung. Mereka memfasilitasi komunikasi dan perdagangan antar kota serta mendorong pertumbuhan bisnis lokal.

6. PT. Telkom Indonesia (Persero) Tbk

Sebagai penyedia layanan telekomunikasi terkemuka di Indonesia, PT. Telkom menyediakan layanan telepon, internet, dan televisi kabel di Bandung. Mereka berperan dalam menghubungkan masyarakat dengan teknologi informasi dan mendukung perkembangan bisnis digital.

7. PT. Adhi Karya (Persero) Tbk

Sebagai perusahaan konstruksi dan pengembang properti, Adhi Karya terlibat dalam pembangunan infrastruktur dan real estate di Bandung. Mereka membangun jalan tol, perumahan, gedung perkantoran, dan proyek-proyek lain yang mendukung pertumbuhan kota.

8. PT. LEN Industri (Persero)

Sebagai perusahaan manufaktur elektronik, LEN Industri memproduksi berbagai peralatan elektronik dan sistem kelistrikan untuk kebutuhan industri, transportasi, dan pertahanan. Mereka berkontribusi dalam pengembangan teknologi dan industri manufaktur di Bandung.

9. PT. Perkebunan Nusantara VIII (Persero)

Sebagai perusahaan agribisnis, PTPN VIII mengelola perkebunan kelapa sawit, karet, dan teh di wilayah Bandung dan sekitarnya. Mereka berperan dalam menyediakan produk pertanian dan menciptakan lapangan kerja di sektor pertanian.

10. BUMN Bandung PT. Pindad (Persero)

Sebagai produsen alat pertahanan dan industri berat, Pindad memproduksi senjata, kendaraan tempur, dan peralatan militer di Bandung. Mereka berkontribusi dalam mendukung keamanan nasional dan memperkuat industri pertahanan di Indonesia.

11. PT. Industri Telekomunikasi Indonesia (Persero)

Sebagai produsen peralatan telekomunikasi dan elektronik, Inti memproduksi jaringan komunikasi, perangkat telepon, dan sistem keamanan di Bandung. Mereka mendukung pengembangan infrastruktur telekomunikasi dan teknologi informasi di Indonesia.

Referensi – Sebandung.com

Peran BUMN Bandung Sehingga Mendorong Ekonomi Bandung sebagai Kota yang Bagus untuk Dihuni

Kehadiran 11 PT BUMN ini tidak hanya menciptakan lapangan kerja, tetapi juga menjadi motor penggerak bagi sektor-sektor terkait, termasuk industri kecil dan menengah serta jasa pendukung lainnya. Dengan demikian, peran BUMN di Bandung bukan hanya sebatas aspek bisnis semata, tetapi juga sebagai agen pembangunan yang berkontribusi pada kesejahteraan masyarakat dan pertumbuhan ekonomi wilayah.

Compare listings

Compare
Search
Price Range From To