Syariah Tapi Kece? Ini 5 Desain Rumah Islami yang Nyaman Nan Indah

Share :
Facebook
Twitter
WhatsApp

desain rumah islami

Desain Rumah Islami – Rumah hakikatnya berfungsi sebagai tempat tinggal, dan menjadi salah satu kebutuhan primer kita. Namun nalurinya manusia, selalu memiliki ketertarikan pada hal-hal yang menurutnya indah. Selain fungsi utamanya, fungsi estetika rumah selalu dicari oleh para pemiliknya.

Diantara sekian konsep umum yang ada, desain rumah Islami juga sedang menjadi tren masa kini. Terutama di negara mayoritas Islam seperti di Indonesia ini. Ornamen bernuansa Timur Tengah misalnya, biasa diterapkan untuk menonjolkan keindahan yang khas dan unik.

Di samping nilai estetika, rumah yang mengusung konsep Islami pun bisa menjadi salah satu syiar dalam menjunjung nilai sunnah. Menariknya, nilai estetik rumah Islami dibentuk atas beberapa prinsip, seperti mengusung kesederhanaan, pencahayaan serta sirkulasi udara yang baik, menghadap kiblat, hingga direkomendasikan memiliki tanaman.

Lebih lengkapnya seperti berikut ini.

  • Tidak mengandung hal-hal berbau syirik seperti patung. Dalam Islam, lebih baik memasang hiasan seperti kaligrafi, hiasan tumbuhan atau geometri, hingga pajangan quotes Islami.
  • Rumah dibangun dengan konsep geometri, sehingga lebih memanfaatkan fungsi pencahayaan yang baik, ventilasi, interior, hingga eksterior.
  • Mengaplikasikan konsep surga di bumi (taman di rumah) serta konsep cahaya sebagai simbol spiritualitas.

Inspirasi Desain Rumah Islami Masa Kini

Lalu seperti apa sih inspirasi desain rumah berkonsep syariah baik eksterior maupun interiornya?

1. Interior dengan Furniture Ala Timur Tengah

Banyak jenis furniture yang bisa digunakan untuk membangun konsep Timur Tengah di ruang tengah atau mana pun. Yang lebih umum, kamu bisa gunakan perlengkapannya seperti bantal berpola asketisme untuk sofa, penggunaan tirai menjuntai atau tenda sebagai tambahan.

Untuk warna biasanya menggunakan warna perak, emas, magenta, merah, hijau, oren, hingga biru. Itupun dikombinasikan pada bahan beludru dan sifon.

2. Nuansa Islami yang Hangat dan Kalem

Desain rumah Islami selanjutnya bisa kamu miliki meskipun hanya mengimplementasikan ornamen Timur Tengah secukupnya. Jika ingin ke konsep yang lebih modern Islami yang lebih warm, kamu bisa memanfaatkan desain mushola dengan penambahan kayu berukir.

Lebih unik lagi, kayu ukiran bisa dibuat sebagai rak untuk menyimpan buku-buku keagamaan, Al-Quran, hingga kitab-kitab lainnya. Bukan hanya indah, konsep seperti ini lebih hangat dan nyaman untuk ditinggali.

3. Konsep Rumah Sesuai Sunnah

Seperti ketentuan rumah yang baik menurut Islam yang sudah dibahas sedikit pada intro, kamu juga bisa terapkan konsep sederhana, modern, namun tetap dapat nilai Islaminya. Yang terpenting perhatikan penggunaan ventilasi, pencahayaan alaminya, arah pendirian rumah, tidak terlalu bermewah-mewahan, serta memiliki pepohonan atau tumbuhan di sekitarnya.

Dan lebih bagus, rumah memiliki mushola di dalamnya. Kamu bisa manfaatkan sedikit lahan untuk membangun mushola minimalis tapi tetap mengandung unsur arabian style-nya.

4. Rumah dengan Fasad Bak Masjid

Inspirasi lain yang tidak monoton, kamu bisa munculkan nuansa Islami cukup dari fasad rumah saja. Pernahkah terbayangkan olehmu jika rumah berfasad layaknya fasad masjid? Oke-oke aja, kok!

Namun tidak benar-benar menggambarkan masjid dengan kubahnya. Gunakan fasad berbentuk datar dengan ukiran-ukiran Islami di sekelilingnya!

5. Penambahan Beberapa Ornamen Islami

Ada kalanya kamu tak memerlukan effort yang begitu keras untuk mendapatkan hasil seperti yang diinginkan, sama seperti halnya dengan rumah. Untuk mendapatkan desain rumah Islami pun, bisa diimplementasikan dengan berbagai cara.

Jika kamu terlanjur menerapkan konsep rumah umum, cukup dengan menambahkan hiasan dinding berupa kaligrafi saja nuansa Islami bisa didapatkan.

 

Compare listings

Compare
Search
Price Range From To